Pemasaran memiliki pengaruh besar dalam bisnis. Ia menjadi kunci penting terjualnya produk perusahaan.
Apabila produk tidak terjual, maka kelangsungan hidup perusahaan akan terancam atau bangkrut.
Jadi tidak berlebihan jika dikatakan bahwa marketing adalah ujung tombak perusahaan.
Bicara soal pemasaran, menurut laporan HubSpot, perusahaan yang memprioritaskan pemasaran 13x lebih mungkin untuk mendapat ROI yang positif.
Perusahaan yang meningkatkan anggaran pemasaran cenderung akan mengalami pertumbuhan pendapatan.
Ini dibuktikan oleh survei terhadap 600 perusahaan oleh MarketingSherpa, 60% perusahaan yang meningkatkan anggaran pemasarannya mengalami peningkatan pendapatan.
Nah ngomongin soal pemasaran, selain data statistik seperti itu, ada juga banyak mitos yang beredar.
Beberapa diantaranya:
Marketing hanya tentang menjual produk
Pemasaran yang efektif melibatkan pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan, membangun kesadaran merek dan reputasi, dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Marketing itu mahal
Meskipun pemasaran bisa mahal, tidak harus mahal. Ada banyak taktik pemasaran hemat biaya, seperti pemasaran media sosial dan pemasaran konten, yang bisa sangat efektif tanpa merusak bank.
Marketing hanya untuk bisnis besar
Ini tidak benar. Bisnis dengan berbagai ukuran dapat memperoleh manfaat dari pemasaran, dan faktanya, pemasaran seringkali bahkan lebih penting bagi bisnis kecil yang perlu tampil menonjol di pasar yang ramai.
Marketing adalah tentang kreativitas
Meskipun kreativitas memang penting dalam pemasaran, itu bukan satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan.
Pemasaran yang efektif juga memerlukan perencanaan yang cermat, analisis, dan pengambilan keputusan berdasarkan data.
Marketing adalah upaya satu kali
Pemasaran adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan upaya dan perhatian yang konsisten. Itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan sekali dan kemudian dilupakan.
Marketing adalah tentang membuat janji
Memang betul pemasaran sering melibatkan membuat janji tentang suatu produk atau layanan, tapi jangan lupa bahwa pemasaran yang efektif jangka panjang juga tentang memenuhi janji tersebut dan membangun kepercayaan dengan pelanggan.
Jadi alangkah baiknya untuk tidak langsung mempercayai sebuah informasi hanya dari 1 sumber. Anda harus mencari referensi informasi dari sumber lain yang terpercaya sebagai pembanding.
deutsche ficken
Spectacular..